Waktu Jam Atom

Waktu yang diukur dengan rotasi Bumi tidak seragam bila dibandingkan dengan waktu yang dijaga oleh jam atom. Itu tidak selalu begitu, dan jam atom mengalami perubahan sebelum memberi kita waktu yang akurat. Jam atom pertama, yang dibangun di Biro Standar Nasional A.S. pada tahun 1949, merupakan maser dengan peralatan terpasang. Ini diikuti oleh jam atom maju yang memberikan akurasi tinggi dengan memungkinkan interogasi microwave atom yang diisolasi satu sama lain dan dari gangguan eksterior manapun.

Jam atom digunakan sebagai standar waktu untuk menghitung detik yang lewat. Pada tahun 1884, Greenwich Mean Time atau GMT didirikan sebagai skala waktu global pertama dan UTC, setara dengan atomnya, ditetapkan sebagai waktu resmi untuk dunia pada bulan Januari 1972. Biro Internasional untuk Bobot dan Ukuran, atau BIPM, adalah kiper resmi waktu atom untuk dunia. Di A.S., Institut Nasional Standar dan Teknologi NIST-F1 adalah contoh akurasi dengan tidak memperoleh atau kehilangan sedetik pun. Waktu jam atom penting untuk posisi global satelit, berbagai rudal, program roket, program penerbangan, angkatan laut, distribusi tenaga, sistem telepon bergerak dan darat, Internet, GPS, dan televisi digital. Pergerakan bumi menyebabkan fluktuasi acak dalam beberapa hari dan tahun, dan jam atom telah mampu mengatasi anomali perbedaan waktu. Sebuah contoh baru-baru ini adalah lompatan kedua yang ditambahkan karena perlambatan rotasi bumi pada tanggal 31 Desember 2005.

Kemampuan pengukuran dan keberhasilan jam atom yang unik sedemikian rupa sehingga waktu dan frekuensi memiliki akurasi yang jauh lebih tinggi daripada kuantitas fisik lainnya. NASA menggunakan jam atom untuk memberikan navigasi yang andal dan konsisten untuk perjalanan antariksa antarplanet, di mana perbedaan fraksional pada tingkat tick jam dapat secara dramatis mempengaruhi navigasi pesawat ruang angkasa. Demikian pula, komputer dikoordinasikan dengan waktu jam atomik dan duduk di manapun di A.S., kita dapat memiliki akses ke menit dan detik yang tepat. Teori atom sangat berguna dalam mempelajari lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *